Halodoc Konsultasi Dokter

Oleh:   Admin Admin   |   15.49

Halodoc adalah aplikasi yang memberikan solusi lengkap dan terpercaya untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat Indonesia. 
Halodoc diprakarsai oleh Jonathan Sudharta, pada April 2016. Alasan beliau mendirikan Halodoc adalah melihat kesenjangan akses layanan dokter dan apotek di Indonesia. Halodoc memafasilitasi interaksi antara dokter dengan pasien dalam sebuah layanan online melalui aplikasi.
Halodoc sudah tersedia di Google Play, bagi pengguna Android, dan di App Store untuk pengguna Iphone. Halodoc di Google Play saat ini versi 3.100. Setelah mengunduh aplikasi Halodoc, selanjutnya lakukan registrasi dengan memasukkan nomor telepon genggam Anda.
Anda akan menerima SMS dari Halodoc. SMS berisi kode verifikasi yang harus kamu masukkan jika ingin menjadi pengguna Halodoc. Kemudian, lengkapi data dirimu di Halodoc di menu Profil. Sebelum masuk ke halaman utama Halodoc, kamu diminta menghidupkan GPS untuk mengetahui posisi. Tujuannya untuk memudahkan proses pengantaran obat atau vitamin yang kamu pesan. 
Halodoc telah menggandeng empat perusahaan asuransi, yakni AllianzCignaFWD Employee, dan Medicillin. Jika kamu terdaftar sebagai member dari salah satu asuransi tersebut, segera daftarkan diri dan polisnya di Halodoc agar semakin mudah dalam berobat.
Halodoc juga menyediakan fitur Pengingat. Fitur pengingat merupakan catatan pengingat kapan waktunya kamu minum obat. Masukkan nama obat kamu di kolom cari maka akan muncul obat yang dicari, lalu klik obatnya. Kemudian, atur cara pemakaian, durasi, frekuensi, pilih waktu pengingat menggunakan obat, dan petunjuk pemakaian. Jika waktu minum obat tiba maka akan muncul pemberitahuan pengingat dari Halodoc di smartphone kamu.
Kamu bisa mengisi saldo (top up) akun Halodoc dari nominal 50 ribu, 100 ribu, atau 200 ribu. Pilih metode pembayaran (pengisian saldo), seperti kartu kredit, ATM Bersama, Internet Banking (BRI e-Pay dan Mandiri ClickPay), atau Doku Wallet. Saldo ini dapat digunakan untuk membeli atau menebus resep obat dan membayar jasa konsultasi dokter.
Jika sedang senggang atau tidak sedang sibuk, kamu bisa membaca artikel kesehatan yang terdapat di Halodoc. Ada berbagai tema artikel kesehatan yang terdapat di Halodoc, yang bisa kamu pilih sesuai kategori yang diinginkan. Kategori artikel yang terdapat di Halodoc, yakni KecantikanReproduksi, Diet, Anak, Fitness, Kehamilan, Makanan, dan sebagainya. Untuk membaca artikel lebih lengkap, kamu bisa kunjungi situs web halodoc.com.
Halodoc memiliki tiga fitur unggulan yang membedakannya dengan aplikasi kesehatan lainnya. 
Apa saja ketiga fitur unggulannya?
  • Apotik Antar
Fitur ini membantu kamu memesan obat dan vitamin secara mudah tanpa harus jalan ke apotek. Halodoc sudah bekerjasama dengan seribu apotek yang telah memiliki Surat Izin Apotek (SIA) dan Surat Izin Praktik Apoteker (SIPA) di sekitar 30 kota yang sudah tersedia layanan Go-Jek. Halodoc berkolaborasi dengan Go-Jek  dalam layanan pembelian dan pengiriman obat dari apotek ke rumah kamu tanpa dikenakan ongkos kirim. 
  • Hubungi Dokter
Fitur ini membantu kamu untuk konsultasi seputar kesehatan dengan dokter umum maupun dokter spesialis terpercaya seharian penuh setiap hari. Halodoc telah bekerjasama dengan sekitar 20 ribu dokter umum dan spesalis yang telah memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) dan Surat Izin Praktek (SIP) dari Konsili Kedokteran Indonesia (KKI)
Konsultasi dengan dokter bisa melalui berbalas pesan (chat), telepon, ataupun telepon tatap muka (video call). Untuk saat ini, Halodoc tidak mengenakan biaya konsultasi dokter untuk pengguna. Waktu konsultasi dengan dokter  yang diberikan adalah 60 menit per sesi.
  • Lab Service (Beta)
Fitur ini membantu kamu  untuk mereservasi jadwal cek laboratorium yang dipilih. Untuk layanan ini, Halodoc bekerjasama dengan Prodia. Petugas laboratorium Prodia akan datang ke rumah untuk mengambil sampel darahmu, lalu sampel tersebut akan diperiksa di laboratorium Prodia . Namun sayangnya, layanan ini baru tersedia di beberapa kota saja.
Itulah sekilas review mengenai aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter. Semoga review yang saya tulis bermanfaat untuk para pembaca. Salam pena kreatif.

Tampilkan Komentar